Binomial
Tes
yang digunakan untuk menguji hipotesis deskriptif dan memberi alasan kepada
peneliti untuk percaya bahwa sampel yang kita amati memang berasal dari
populasi yang kita teliti (goodness of fit). Datanya berupa nominal dengan dua
kategori “sukses” atau “gagal” yang diulang sebanyak n kali.
Ø Data
nominal dan dikotomi
Ø Terdiri
dari dua kelas
Ø Variabel
diskrit
Ø Bertipe goodness of fit
Ø Jika
proporsi dari kelas pertama adalah P, maka proporsi dari kelas kedua adalah Q(Q
= P-1).
Rumus
:
Jika
N >25 dan P mendekati ½ , gunakan rumus sebagai berikut:
z =
Kemungkinan
diperolehnya secara eksak atau pastinya nilai yang diamati, rumus:
P(x)
= PX QN-x
Kemungkinan
nilai yang diperoleh adalah nilai-nilai ekstrem, rumus:
Pi QN-i
Cara
penyelesaian tes binomial:
1. Tentukan N
2. Tetapkan jumlah frekuensi masing-masing kelas
3. Jikan N 25 maka mgunakan tabel D pada lampiran
4. Jika
P ≠ Q, maka kemungkinan harga x di bawah HO (atau lebih ekstrem dari
itu). Gunakan tabel T pada lampiran
Contoh
soal : seorang peneliti melakukan penelitian terhadap kecendrungan anak sekolah
dasar yang membeli produk setelah melihat iklan di TV. Dan data diperoleh bahwa
12 orang anak SD lebih suka membeli produk yang diiklankan di TV dan 6 orang
anak dari sumber lain. Harapan peneliti hasilnya adalah sama.
Rumusan
masalah:
Apakah
ada perbedaan kecenderungan anak SD membeli produk yang diiklankan di TVdari
pada dari sumber lain ?
Hopotesis
Hₒ
= tidak terdapat perbedaan kecenderungan anak SD membeli produk yang diiklankan
di TV daripada dari sumber lain.
Ha
= ada perbedaan kecenderungan anak SD membeli produk yang diiklankan di TV dari
pada dari sumber lain.
Taraf
kepercayaan 95%
Data:
Iklan produk
|
Jumlah
|
TV
|
12
|
Sumber lain
|
6
|
Sampel
< 25 maka gunakan tabel D, dengan N = 18, x = 6 maka diproleh nilai p pada
tabel 0.119. tabel masih satu sisi sehingga nilai p harus dikali 2, maka p =
0.238.
Kesimpulan
P
= 0.238 > 0.05, sehingga Hₒ diterima, maka kesimpulannya adalah tidak
terdapat perbedaan kecenderungan anak SD membeli produk yang diiklankan di TV
daripada dari sumber lain.
Contoh
soal N≥ 25 : seorang peneliti melakukan penelitian terhadap kecendrungan anak
sekolah dasar yang membeli produk setelah melihat iklan di TV. Dan data diperoleh
bahwa 24 orang anak SD lebih suka membeli produk yang diiklankan di TV dan 6
orang anak dari sumber lain. Harapan peneliti hasilnya adalah sama.
Rumusan
masalah:
Apakah
ada perbedaan kecenderungan anak SD membeli produk yang diiklankan di TVdari
pada dari sumber lain ?
Hopotesis
Hₒ
= tidak terdapat perbedaan kecenderungan anak SD membeli produk yang diiklankan
di TV daripada dari sumber lain.
Ha
= ada perbedaan kecenderungan anak SD membeli produk yang diiklankan di TV dari
pada dari sumber lain.
Taraf
kepercayaan 95%
Penyelesaian
H0 : p1 = p2 = 0,5
H1 : p1 > p2
Hasil pengumpulan data,
H0 : p1 = p2 = 0,5
H1 : p1 > p2
Hasil pengumpulan data,
Iklan produk
|
Jumlah
|
TV
|
24
|
Sumber lain
|
6
|
Hitung dengan rumus:
Lihat Tabel A untuk z = -3,10 harga p = 0,001.
Karena p = 0,001 < α = 0,05 maka tolak H0.
Kesimpulan : berdasarkan pengujian di atas, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kecenderungan anak SD membeli produk yang diiklankan di TV daripada dari sumber lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar