Tes
Kruskal-Wallis
Tes
yang dipergunakan untuk menentukan apakah k sampel independen berasal dari
populasi-populasi yang berbeda. Perbedaan harga sampel-sampel itu menandai
perbedaan-perbedaan populasi yang sesungguhnya, atau perbedaan itu semata-mata karena
variasi yang terjadi diantara sampel-sampel random dari populasi yang sama saja
.
Ø Menggunakan
level pengukuran sekurang-kurangnya pada skala ordinal
Ø Masing-masing
N obsevasi digantikan dengan rankingnya, skor terkecil sebagai ranking 1.
Kemudian jumlah rankin dalam masing-masing sampel (kolom) dihitung.
Ø Tes
Kruskal – Wallis menentukan apakah jumlah ranking itu sangat berlainan sehingga
sangat kecil kemungkinan bahwa sampel-sampel itusemuanya ditarik dari populasi
yang sama.cara penyelesaian :
1.
Masukan skor penelitian ke dalam Tabel dengan kolom k (kelompok sampel).
2.
Buat ranking untuk semua skor dari seluruh sampel dari 1 sampai n (untuk skor
terbesar), Jika ada angka kembar buat ranking rata-ratanya.
3.
Jumlahkan ranking untuk masing-masing kolom (Rj).
4.
Jumlahkan ranking ke arah kolom, pada masing-masing kolom (Rj)
Ø Jika
k=3 dan n1, n2, dan n3 £ 5, gunakan Tabel O.
Ø Jika
Tabel O tidak dapat dipakai, gunakan Tabel C.
Ø Jika
harga p £ a, maka tolak Ho.
Rumus
:
Jika
terdapat banyak angka kembar ( > 25%), gunakan koreksi untuk angka kembar
dengan
rumus:
ƸT
1=
N3-N
Dan rumus H menjadi
1- ƸT
N3-N
Contoh
Seorang
peneliti ingin mengetahui apakah ada perbedaan rata-rata siswa
masuk PTN ternama setelah mengikuti
bimbingan belajar di tiga LBB atau tidak. Dengan data sebagai berikut:
GO
|
NEUTRON
|
PRIMAGAMA
|
30.2
|
8.5
|
2,9
|
62.4
|
26.6
|
12.6
|
75.2
|
39.1
|
20.7
|
75.3
|
40.3
|
33.7
|
75.7
|
41,0
|
33.6
|
Penyelesaian
Rumusan
masalah
Apakah
terdapat perbedaan rata-rata siswa masuk PTN ternama setelah mengikuti
bimbingan belajar di tiga LBB .
Hipotesis
Hₒ
= tidak ada perbedaan rata-rata siswa masuk PTN ternama setelah mengikuti
bimbingan belajar di tiga LBB
Ha
= ada perbedaan rata-rata siswa masuk PTN ternama setelah mengikuti bimbingan
belajar di tiga LBB.
Tingkat
signifikansi (α) = 0.05
N
= 15
Ranking
data
GO
|
NEUTRON
|
PRIGAMA
|
6
12
13
14
15
60
|
2
5
9
10
11
37
|
1
3
4
8
7
23
|
3600
|
1369
|
529
|
T =
T = 54.98-48
T = 6.98
Dengan
melihat tabel O. nilai P di tabel 0.049 <dari 0.05 maka Hₒ ditolak
Sehingga,
ada perbedaan rata-rata siswa masuk PTN ternama setelah mengikuti bimbingan
belajar di tiga LBB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar