Sabtu, 14 Juni 2014

"psikologi industri dan organisasi"


Perbedaan Functional Job Analysis danPosition Analysis Questionnaire

Functional Job Analysis (FJA)

Dasar tugas FJA adalah wawancara antara seorang analis pekerjaan dan karyawan tentang tugas pekerjaannya, dikombinasikan dengan pengamatan kinerja pekerjaan. Catatan dari kedua observasi dan wawancara membentuk dasar narasi dari pekerjaan. Teknik FJA didasarkan pada premis bahwa semua pekerjaan dapat digambarkan dalam tiga dimensi dasar yang mendasari-interaksi dengan data, orang, dan hal-hal.


 Analis pekerjaan di masing-masing dimensi sesuai dengan kode DOT. Contoh dimensi FJA, pertimbangkan petugas di ruang peralatan kebugaran klub olahraga. Di antara tugas-tugas lainnya, ia dapat menyimpan catatan kehadiran setiap waktu dalam sehari (data), memberikan pendampingan kepada pelanggan yang memiliki pertanyaan-pertanyaan tentang penggunaan peralatan (orang), dan memeriksa peralatan secara berkala untuk keamanan dan memfungsikan (hal-hal).


 Aspek yang sangat penting dari teknik FJA adalah perbedaan yang dibuat antara tugas yang dilakukan dan tujuan (atau hasil akhir) dari tugas. Karyawan di ruang kebugaran mungkin memiliki jabatan "konselor kebugaran pribadi", dan, memang, ia mungkin memiliki gelar khusus atau sertifikasi di beberapa daerah bidang kesehatan atau kebugaran. Namun demikian, jabatan dilakukan dengan tujuan bahwa hal itu merupakan tugas karyawan itu. Ini tidak menggambarkan tugas sendiri.

-          Teknik analisis terstruktur yang menguji rangkaian tugas dalam suatu pekerjaan dan proses pemenuhannya.
-          Membantu menciptakan the Dictionary Occupational Titles (DOT), referensi panduan untuk mengklasifikasi dan mendiskripsikan lebih dari 40.000 jenis pekerjaan.
-          DOT menggunakan the Standard Occupational Classification (SOC), Sembilan digit kode yang menunjukkan kategori pekerjaan dan level jenis pekerjaan yang diminta jenis pekerjaan tertentu.
-          Occupational Information Network (O*NET) merupakan pengganti DOT yang digunakan beberapa tahun terakhir ini, menyediakan informasi tentang kategori pekerjaan, gaji, pelatihan, dan persyaratan kerja.
-          Teknik ini populer karena hemat biaya dan menggunakan diskripsi kerja berdasarkan standar nasional.
-          Sangat membantu dalam  analisis diskripsi kerja untuk banyak posisi sekaligus.
-          Berguna dalam memberikan pencerahan pada pekerja bagaimana untuk sukses dalam pekerjaannya.

·    

Position Analysis Questionnaire (PAQ)

salah satu penelitian yang paling luas di balik itu adalah Position Analysis Questionnaire (PAQ) dikembangkan di Universitas Purdue. PAQ memiliki 194 pertanyaan yang dimasukkan ke dalam enam kelompok; konteks kerja, hasil kerja, proses mental, masukan informasi, hubungan dengan orang lain, dan karakteristik pekerjaan lain. Hasil akhir dari penilaian pekerjaan dalam 194 pertanyaan PAQ merupakan informasi yang cukup tentang bagian-bagian, atau elemen, dari pekerjaan. Hasil dari banyak penyelidikan dalam dimensi dasar pekerjaan (jenis tugas) yang mendasari unsur-unsur ini agak sesuai dengan bentuk data yang digunakan PAQ dan metode analisis.

-          Teknik analisis pekerjaan yang menggunakan kuessioner tertutup dalam menganalisis pekerjaan berdasarkan pada 187 ketetapan kerja dan terbagi dalam 6 kategori.
-          Ketegori :
1.      Input informasi
Bagaimana pekerja memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan pekerjaannya.
2.      Proses mental
Pemikiran, penalaran, dan pengambilan keputusan yang dibutuhkan dalam menjalankan pekerjaan.
3.      Output kerja
Tugas yang harus dikerjakan pekerja dan alat atau mesin yang dibutuhkan untuk menjalankannya.
4.      Hubungan interpersonal
Jenis hubungan atau kontak dengan rekan kerja yang dibutuhkan dalam menjalankan pekerjaan.
5.      Konteks kerja
Konteks fisik atau sosial dimana pekerjaan tersebut dijalankan.
6.      Karakteristik

Aktifitas, kondisi, dan karakteristik lain yang relevan dalam pekerjaan tersebut.

-          Keenam kategori perangkat kerja ini masing-masing diukur dengan 6 kategori, yaitu:
Kegunaan, kepentingan, waktu, aplikasi, kemungkinan kejadian, dan kode khusus.
-          Teknik ini menghasilkan profil pekerjaan yang terperinci yang nantinya dapat digunakan untuk membandingkan pekerjaan dengan posisi yang sama atau mirip pada organisasi yang berbeda.
-          Merupakan teknik riset analisis pekerjaan yang kajiannya paling dalam
-          Dalam penelitian, teknik ini telah digunakan untuk mengidentifikasi kesamaan antara kelas yang berbeda dari pekerjaan dan kesamaan kelas dari pekerjaan pada organisasi yang berbeda.
-          Teknik ini lebih akurat dilakukan oleh seorang ahli job analisis daripada orang lain termasuk pengemban pekerjaan itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar