Kamis, 12 Juni 2014

"statistika"


Uji Mc Nemar

Untuk menguji hipotesis komparatif dua sampel yang berpasangan bila datanya berbentuk nominal dan ordinal. Untuk menguji perbedaan atau perubahan proporsi dua buah populasi yang hanya memiliki dua kategori berdasarkan proporsi dua sampel berpasangan. Uji ini banyak dipakai untuk mengetahui apakah ada perbedaan atau perubahan proporsi sebelum dan sesudah kelompok sampel tertentu yang hanya memiliki dua kategori diberi perlakuan, dimana anggota kelompok sampel tersebut merupakan kontrol terhadap dirinya sendiri.

Ketentuan :

·         Dari tabel diatas maka A + D adalah jumlah total sampel yang berubah, B dan C adalah sampel yang tidak berubah
·         Test Mc Nemar berdistribusi Kai Kuadrat, oleh karena itu rumus yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah rumus Kai Kuadrat
·         Tentukan frekuensi-frekuensi harapan dari sel A dan sel D, frekuensi harapan = ½ (A+D).
·         Frekuensi harapan harus ≥5, jika 5, Uji Mc. Nemar tidak boleh gunakan, dan untuk penggantinya dapat dipakai Uji Binomial.
·         Gunakan Tabel C (Siegel, 1997). Tentukan probabilitas (p) yang dikaitkan dengan terjadinya suatu harga sebesar x2 untuk harga db =1, untuk pengujian dua sisi.
·         Jika p yang diamati ternyata ≤ α, maka tolak Ho
 
Contoh soal: seorang peneliti ingin mengetahui pengaruh iklan terhadap pembelian alat bantu jalan. Sampel diambil secara random sebanyak 200 pasien. Sebelum iklan diluncurkan terdapat 50 pasien yang membeli alat tersebut dan 150 tidak. Setelah iklan ternyata dari 200 orang tersebut terdapat 125 yang membeli dan 75 tidak. Dari 125 yang membeli tersebut terdiri atas pembeli tetap 40 orang shg yang berubah menjadi membeli 85. Dari 75 yang tidak membeli yang tetap 65 dan yang berubah 10 orang. 

Rumusan masalah :
apakah pemasangan iklan berpengaruh terhadap penjualan alat bantu jalan ?
Hipotesis:
Ho : Tidak ada pengaruh yang bermakna pemasangan iklan terhadap penjualan alat bantu jalan
Ha : Ada pengaruh yang bermakna pemasangan iklan terhadap penjualan alat bantu jalan
Taraf kepercayaan 95%

Data :

Membeli
Tidak membeli
Tidak Membeli
Membeli
85
40
65
10



   x 2 = 57.642

Harga Chi Kuadrat hitung tersebut selanjutnya dibandingkan dengan harga chi Kuadrat tabel. Bila dk = 1 dan taraf kesalahan 5%, maka chi kuadrat tabel = 3,84
Chi kuadrat hitung < tabel maka Ho diterima
Chi kuadrat hitung > tabel maka Ho ditolak
Berdadarkan perhitungan tersebut maka Kai kuadrat hitung lebih besar dari nilai tabel (57,642 > 3,84). Hal ini berarti Ho ditolak. Kesimpulan : Terdapat perbedaan yang bermakna pemasangan iklan terhadap penjualan alat bantu jalan.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar