Selasa, 25 November 2014

" KREATIVITAS "

Hallo semua… !!!!

Ada gak yaa hiasan yang mudah, murah dan cantik?? Tenang…. Jawabannya, ada dong, ini dia.. bola hias dari gulungan benang.. bahannya sedikit, murah dan buatnya mudah, gak pakai capek, gak pakai pusing.

Terkadang bosan dengan ruangan kamar yang polos..gak ada hiasan...gak menarikk. Tapi bingung mau dihias pakai apa. Niih..  saya tunjukin cara buat bola hias dari gulungan benang untuk mempercantik ruangan kamar kita..


Check it out..!!  :)

Alat dan bahan:
ü Benang
ü Ballon
ü Lem Kayu
ü Kuas
ü Kawat untuk gantungan

Cara membuat:
1.     Tiup ballon sesuai yang diinginkan dan ikatkan ujung ballonnya. warna ballon harus kontras dengan warna benang yang akan kita gulung supaya nantinya bisa kita tau dengan jelas apakah ballon sudah benar-benar tertutup dengan benang atu belum.
2.     Letakkan balon diposisi yang tepat agar bisa berputar kemudian lilitkan ujung benang pada ujung/ikatan ballon
3.     Mulai menggulung secara acak keseluruh bagian ballon, pada awal menggulung diusahakan dengan lembut, benang jangan terlalu ditahan sehingga memberikan tekanan lebih ke ballonnya yang dapat mengakibatkan ballon langsung benjol dan kehilangan bentuknya. Tiap gulungan tidak boleh menumpuk pada satu tempat melainkan harus selalu berpindah dan merata ke seluruh bagian benang, secara acak tapi harus selalu seimbang. Intinya ballon harus selalu di putar supaya tidak ada dua kali gulungan yang menimpa gulungan sebelumnya pada posisi yang sama, karena itu akan memberikan tekanan lebih pada posisi itu. Ingat, bahwa ballon itu elastis, didalam ballon itu ada angin, jadi bila kita tekan di satu tempat lebih besar dari pada tempat lain maka angin yang ada di dalam ballon akan mencari tempat dimana gulungan benang lebih lemah, yang akan mengakibarkan bentuk ballonnya menjadi benjol. Jadi gulungan harus selalu seimbang.
4.     Setelah ketebalan benang kira-kira cukup maka ikatkan ujung benang ke ikatan ballon dan putuskan
5.     Selanjutnya setelah selesai gulung, maka sudah siap untuk kita lakukan proses pemberian lem agar nantinya setelah kering benang akan keras dan bentuknya tetap terjaga setelah ballon di pecahkan. Lem fox harus kita cairkan terlebih dahulu. Tuangkan lem fox ke dalam wadah, tambahkan air sedikit kemudian aduk hingga merata, kemudian tambahkan lagi sedikit air dan aduk lagi.Jangan terlalu kental karena akan sulit untuk dapat meresap ke dalam benang, dan jangan terlalu encer karena nantinya bola benang yang dihasilkan akan jadi lembek karena kekurangan lem.
6.     Oleskan lem dengan menggunakan kuas ke seluruh permukaan benang secara merata sampai benar-benar meresap hingga ke cetakan ballon yang ada di dalam benang.
7.     Jemur bola benang di tempat panas secara menggantung dengan mengikat atau mengaitkan ikatan ballon.
8.     Potong ujung ballon dengan menggunakan cutter, maka otomatis angin yang ada di dalam ballon akan keluar dan ballon kempes. Seiring dengan kempesnya ballon tersebut maka ballon akan menyusut dan terpisah di dalam bola benang.
9.     Ikat ujung benang kawat yang sudah disediakan sebagai gantungan.
10. Siap di pajang…



SELAMAT MENCOBA… :)

Teori terkait pembuatan produk kreatif
Strategi 4P dalam pengembangan kreativitas..
1.     Pribadi : ungkapan dari keunikan individu atau bakat dalam menimbulkan ide-ide atau produk kreatif. Dalam hal ini saya sebagai pribadi yang membuat produk ini memiliki keterampilan untuk membuat bola hias dari gulungan benang hingga menjadi sesuatu yang dapat memperindah ruangan kamar saya. Ide ini muncul karena saya suka melihat hiasan-hiasan cantik untuk kamar dan saya merasa kamar saya butuh sedikit hiasan agar lebih menarik.
2.     Pendorong : dorongan yang kuat baik dari dalam diri maupun dari luar diri untuk menciptakan ide atau produk kreatif. Dorongan yang saya dapatkan pertama dorongan eksternal yaitu pemenuhan tugas di kelas kreativitas dan yang kedua adalah dorongan internal yaitu keinginan untuk memperindah ruangan kamar saya.
3.     Proses : kesempatan untuk mengembangkan kreativitas dan melakukan kegiatan kreatif. Langkah-langkah pembuatan bola hias dari gulungan benang diatas adalah proses saya dalam membuat produk kreatif yaitu bola hias.
4.     Produk : produk kreatif yang saya ciptakan yaitu bola hias dari gulungan benang sebagai hiasan atau pajangan untuk memperindah ruangan kamar.

TERIMA KASIH… :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar